Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jenis dan teknik cara menganyam pada bungkus kopi

Untuk berkarya membuat kreasi kerajinan dari bungkus kopi hal yang utama yang harus di pelajari yaitu tentang jenis motif dan teknik dasar cara mengayam pada jenis barang yang akan kita buat seperti contoh anda ingin bikin sebuah tas, dompet, tikar maupun kreasi-kreasi lainnya.
Di artikel ini saya akan membagikan tutorial dan macam-macam jenis anyaman pada bungkus kopi.

Jenis dan teknik cara menganyam pada bungkus kopi 

1. Anyaman sudut tidak rapat


anyaman bungkus kopi


Anyaman jenis ini adalah anyaman pertama yang di kenalkan kepada khalayak umum tentang pembuatan kerajinan dari bungkus kopi. Ini merupakan anyaman jenis sudut tetapi penyatuannya tidak rapat, sehingga ada bentuk persegi diantara susunannya (berlubang).
Jenis anyaman ini cocok untuk di pakai pada kreasi pembuatan karya dari bungkus kopi seperti tas belanja ukuran besar, topi, atau juga keranjang.

2. Anyaman sudut rapat


anyaman sudut rapat pada bungkus kopi

Anyaman sudut rapat adalah anyaman ini cukup banyak digemari. selain pembuatannya yang mudah, secara kualitas juga tergolong bagus karena tidak ada lubang(rapat). Adapun sekat sangat tipis sehingga nyaris tidak terlihat. Penambahan aksesoris dan furing dapat memberikan manfaat yang lebih baik jika di terapkan pada karya jenis anyaman ini. Jenis anyaman ini cocok sekali untuk di terapkan pada pembuatan tas selempang cowok ataupun dompet pesta.

3. Anyaman zig-zag tanpa jahit


Anyaman zig-zag tanpa jahit

Anyaman zig-zag ini tergolong anyaman yang baru di kalangan perajin bungkus kopi, pembuatan anyaman ini cukup mudah dan cepat karena tidak memakai jahitan sama sekali. Secara hasil anyaman ini juga cukup baik, anda  dapat memberikan sedikit jahitan pada bagian bawah (membuat dompet) Karya yang cocok untuk di terapkan pada pembuatan kerajinan bungkus kopi antara lain seperti dompet koin.

4. Anyaman zig-zag full jahit


Anyaman zig-zag full jahit

Anyaman zig-zag full jahit merupakan anyaman klasik pada kerajinan bungkus kopi, kualitas yang di hasilkan oleh anyaman ini adalah kualitas terbaik. Selain hasilnya kencang dan rapi, bentuknya juga lebih tebal sehingga sangat cocok sekali untuk di pakai pada kreasi bungkus kopi seperti membuat dompet genggam.

5. Anyaman runcing




Anyaman jenis ini adalah anyaman baru yang belum terlalu dikenal, sesungguhnya pembuatan anyaman ini sering di pakai pada proses pembuatan tali tas bungkus kopi karena memang cara membuatnya sama. Hanya saja yang berbeda disini, anyaman ini dapat di bentuk dengan bentuk melingkar rata. Karya yang cocok untuk jenis anyaman ini adalah tas bulat.


Demikian tutorial membuat anyaman dari bungkus kopi, semoga bermanfaat dan menginspirasi. Selamat mencoba dan terimakasih.
Untuk tutorial lengkapnya ada di sini Cara menganyam pada bungkus kopi

Posting Komentar untuk "Jenis dan teknik cara menganyam pada bungkus kopi "

Berlangganan via Email